Rabu, 23 Agustus 2017

Kursus Menulis Not Balok Pakai Komputer Tanpa Software Khusus



Menulis not balok dengan tampilan yang indah pada umumnya memerlukan software khusus seperti Sibelius, Finale Print Music, crescendo, dll.
                 
Software-sofware tsb pada umumnya bisa diperoleh dengan harga yang cukup mahal.

Kelebihan Sofware Not Balok:

1.Setiap kali kita menulis 1 not, not tsb akan berbunyi secara otomatis.

2.Lagu yang telah selesai ditulis bisa diperdengarkan dengan mengklik tombol play, sehingga jika ada not yang salah akan segera ketahuan.

3.Not tinggi secara otomatis akan ditulis denga tangkai ke bawah dan not rendah secara otomatis akan ditulis dengan tangkai ke atas.

4.Jika ada kesalahan jumlah ketukan dalam 1 bar, software akan memperdengarkan bunyi peringatan.

5.Mangubah nada dasar lagu menjadi nada dasar lain bisa dilakukan secara otomatis hanya dengan mengklik tombol tertentu.

Kelemahan Sofware Not Balok:

1.Harus membeli dengan biaya cukup mahal.

2.Tidak bisa menulis not tinggi dengan tangkai ke atas karena not tinggi sudah otomatis akan tertulis dengan tangkai ke bawah. Demikian juga sebaliknya.

3.Sulit digunakan untuk menulis not balok dan not angka sekaligus.
                        
4.Sulit digunakan untuk menulis not-not berganda untuk keperluan membuat aransemen lagu untuk solo gitar dan alat music lainnya.

5.Hasil penulisan lagu sulit digabung dengan file dokumen dalam penulisan buku music.

6.Sulit untuk menyisipkan gambar untuk menghiasi text lagu yang sudah selesai ditulis.

Menulis Not Balok Tanpa Sofware Khusus:

Not balok bisa ditulis tanpa menggunakan software khusus. Caranya adalah dengan menggunakan program “Paint” yang sudah ada dalam program “Windows”

Meskipun penulisan not balok dengan program paint relative sedikit lebih sulit, namun dengan program tsb kita bisa menulis dengan lebih bebas, kreatif, dan tidak terhambat oleh kelemahan-kelemahan seperti yang ada di dalam software not balok.

Dengan program paint kita bisa menulis not balok dan menggabungnya dengan not angka di bawah text not balok.  Kita juga bisa menyisipkan gambar pada text lagu yang kita tulis.

Selain itu text lagu yang kita tulis bisa digabung dengan file dokumen yang kita buat untuk membuat buku music seperti buku pelajaran vocal, biola, gitar, dll.

Berikut ini adalah contoh dari penulisan not balok untuk lagu yang ditulis dengan program paint.  Dengan kreatifitas yang lebih baik, anda akan bisa menulis not balok yang lebih bagus dari contoh di bawah ini.

Contoh Lagu Untuk Belajar Biola:
 




Contoh Lagu Untuk Belajar Gitar Klasik:



Contoh Penulisan Lagu Daerah:


Contact Person: 
0882 1374 6978 (WA) 
0878 8589 8718 (SMS / TELP)
(Bp.Th.Hakim - Jakarta)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar